Halaman Widget Admin WordPress Tidak Berjalan / Not Working

Selamat pagi teman-teman 🙂 lama gag jumpa di sasana WP ini :). Kali ini aku ingin sharing mengenai pengalaman saat developing sebuah website menggunakan WordPress sebagai core-nya. Sebuah website portal berita sederhana namun sarat dengan plugin dan fitur-fitur lain bawaan dari theme-nya. Developing aku lakukan Offline (localhost), nah setelah rasanya sudah siap terbang (online), akhirnya masuk tahap Upload. Masalah pun mulai muncul ketika selesai proses upload, dari mulai link yang tidak bekerja, beberapa konfigurasi berbeda dan lain sebagainya.

Namun, hal yang paling menyiksaku adalah, saat mengakses halaman Widget di Admin WordPress, segala fitur nya (Drag & Drop, Add, Edit Widget) sama sekali tidak bisa digunakan. Beberapa saat aku analisa menggunakan Firebug, disana disebutkan bahwa ada beberapa file javascript yang tidak bisa diakses (403 Forbidden). Aku mulai kebingungan, padahal folder permission sudah 777.

Lari kesana kemari, kutemukan berbagai solusi diantaranya adalah :

  1. Non-aktifkan semua widget, kemudian aktifkan kembali
  2. Hapus/non-aktifkan widget logic
  3. Tambahkan konfigurasi khusus di wp-config.

Dari ketiga solusi tersebut, yang saya coba adalah poin 3, dan syukur alhamdulillah setelah aku melakukan setting tambahan di wp-config, masalah tersebut diatas langsung bisa teratasi !!! Well Done :mrgreen:.

Oke, yang perlu dilakukan adalah :

  1. Buka file wp-config.php
  2. Tambahkan baris kode berikut ini
    define('CONCATENATE_SCRIPTS', false);

    setelah baris kode ini

    define('DB_NAME', 'database');
  3. Kemudian simpan
  4. Selesai

Semoga kalian beruntung :), solusi ini aku temukan dari : http://alohathemes.com/blog/wordpress-widgets-not-working/

Leave a Reply