Cara Upgrade Eclipse Kepler ke Luna

Alhamdulillah akhirnya bisa sharing lagi, setelah sekian abad (haha, lebay banget) nggak ‘nge-blog’. Btw, kali ini aku coba share mengenai bagaimana caranya untuk meng-upgrade Eclipse versi 4.3 (Kepler) menjadi versi 4.4 (Luna). Bisa saja sih kalian tinggal download versi terbaru di website resmi Eclipse, tapiiii… Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau kalian download versi terbaru.

Eclipse

Upgrade Eclipse Kepler to Luna

Misalkan begini, kita udah pake Eclipse Kepler lamaa banget, udah terpasang berbagai plugin dan third party lainnya. Contoh gampang adalah udah terpasang untuk Plugin Android ADT. Dan sudah lengkap segala rupa. Jika kalian download baru Eclipse Luna, semuanya akan sirna, sia-sia setting, plugin dan segala rupa yang telah terpasang di Eclipse Kepler milik kalian sebelumnya.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, agar kalian tetap bisa menikmati Eclipse Luna terbaru, tanpa harus kehilangan bagian-bagian yang sudah terpasang di Eclipse Kepler caranya sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Buka Eclipse Kepler
  2. Pilih menu HelpInstall New Software..
  3. Di bagian atas kanan dibawah tombol “Add”, ada sebuah link “Available Software Sites“. Klik di link tersebut.
  4. Setelah window baru muncul, klik tombol Add untuk menambahkan Repository baru untuk Update library.
  5. Di bagian Name, isi “Luna”
  6. Di bagian Location, isi “http://download.eclipse.org/releases/luna/
  7. Tekan OK
  8. Setelah selesai, tutup semua window, sehingga yang tersisa hanyalah Window utama Eclipse Kepler.
  9. Pilih menu Help – Check For Updates
  10. Tunggu hingga proses download update selesai
  11. Restart Eclipse
  12. Selesai

Yap… hanya itu langkah-langkah yang perlu kalian ikuti, gimana mudah bukan untuk upgrade Eclipse Kepler menjadi Eclipse Luna? Aku dapet ilham dari sini : http://stackoverflow.com/questions/17337526/how-to-upgrade-eclipse-for-java-ee-developers

Leave a Reply