Tombol Disconnect VPN di Windows 10 Tidak Ada

Adanya VPN sangat membantu dalam pekerjaan terutama bagi App/System Developer seperti saya, bermain dengan VPN bisa dibilang sering namun biasanya menggunakan Third-Party untuk terhubung ke suatu VPN. Barusan, kebetulan ada perlu untuk terhubung ke suatu VPN tanpa Third-Party seperti biasanya, jadi saya pakai fitur VPN di Windows 10 untuk pertama kalinya.

Untuk setting VPN di Windows 10 sangat mudah :

  1. Tekan tombol Start / Windows Key di Keyboard.
  2. Ketik VPN, maka akan muncul pilihan menu “Change virtual private network (VPN)” kemudian pilih menu tersebut.
  3. Jendela pengaturan VPN akan terbuka, disana kalian tinggal tambahkan atau edit pengaturan VPN sesuai kebutuhan.
  4. Yang perlu diisi antara lain, Penamaan Koneksi, IP Address VPN Server, Username dan Password.
  5. Selesai.

Saya berhasil menambahkan satu koneksi VPN dan terhubung ke jaringan tersebut, dan setelah pekerjaan sudah selesai maka saya perlu untuk Disconnect VPN tersebut. Saya mencoba untuk menemukan Tombol Disconnect VPN tidak ada, baik di popup connection yang ada di Taskbar Windows ataupun di menu Pengaturan VPN. Entah ini luput atau memang orang Microsoft lupa :p

Saya mencoba mempraktekan beberapa tutorial dari hasil browsing seperti tekan Shift + Klik pada VPN yang akan di-disconnect, atau Double Click pada koneksi VPN tersebut dan macam-macam, bahkan ada yang pasrah disuruh restart laptop / PC 😀

Namun saya mencoba cara saya sendiri untuk Disconnect VPN di Windows 10 dengan cara dibawah ini, alhamdulillah berhasil, ini caranya :

  1. Buka jendela “Network and Sharing Center” dengan cara klik kanan pada ikon WiFi atau LAN kalian, kemudian pilih menu Open Network and Sharing Center.
  2. Setelah terbuka, pilih menu “Change Adapter Setting” yang ada di sebelah kiri.
  3. Kemudian double click pada ikon komputer yang menunjukkan koneksi VPN kalian.
  4. Maka akan keluar jendela properties dari koneksi tersebut, di bagian bawah ada tombol Disconnect.
  5. Selesai.

Ya semoga pihak Microsoft bisa segera memperbaiki keluputan ini untuk menyediakan tombol Disconnect pada menu VPN yang sedang aktif seperti halnya jika kita ingin disconnect dari satu jaringan WiFi, segitu dulu ya semoga bermanfaat.

Leave a Reply