Web PHP With PostgreSQL Blank / Not Connected In MAC OS X

Berdasarkan pengalaman baru-baru ini mengenai setting koneksi PHP dengan PostgreSQL di MAC OS X. Untuk instalasi PostgreSQL di MAC OS X silahkan baca disini : http://www.studiotips.net/docs/tips_sql/postgresql/installingpostgresqlonmac.html

Setelah selesai konfigurasi PostgreSQL, selanjutnya adalah konfigurasi koneksi PHP (dalam catatan Webserver sudah diinstall sebelumnya, misalkan XAMPP for Mac) dengan PostgreSQL. Saya sendiri sempat kebingungan, Webserver sudah terpasang, PostgreSQL juga sudah terpasang. Database PostgreSQL sudah saya buat, dan lain sebagainya, tapi setelah saya coba membuat contoh kecil aplikasi PHP yang berhubungan dengan PostgreSQL, namun hasilnya adalah muncul pesan error bahkan blank white page. Kalau tidak salah pesan error itu muncul seperti ini : “pg_connect is not function / configured”.

Browsing disana dan disini, akhirnya saya menemukan solusinya yang begitu simple, sebenernya ini memang simple, hanya saja kurang teliti waktu melakukan konfigurasi (maklum karena kondisi udah payah :D). Jadi solusinya adalah seperti berikut ini :

  1. Buka file php.ini di path /Applications/XAMPP/xamppfiles/etc/php.ini
  2. Cari baris yang bertuliskan “extension=pgsql.so”
  3. Pada baris tersebut pasti di bagian awal teks terdapat tanda “;” (semicolon), hilangkan tanda tersebut kemudian simpan kembali file php.ini.
  4. Restart Apache, jalankan kembali aplikasi dan coba koneksi PHP dengan PostgreSQL.
  5. Selesai

Semoga beruntung kawan 🙂

One thought on “Web PHP With PostgreSQL Blank / Not Connected In MAC OS X

Leave a Reply