Kekurangan iPhone Jepang, iPhone Korea dan iPhone Arab

Berencana beli iPhone bekas atau iPhone garansi ditributor (refurbished)? Sangat saya sarankan kalian baca artikel mengenai bagaimana cara mengetahui iphone itu masih kondisi bagus atau sudah tidak layak dipilih. Poin pentingnya adalah harus sabar dan ulet dalam mencari sampai ketemu mana iPhone yang benar-benar cocok untuk kalian.

Saat ini sudah sangat banyak iPhone yang dijual dengan harga miring (lebih murah dibanding pasarannya), mau itu iPhone 4, 4S, 5, 5S atau seri iPhone yang baru. Kita musti jeli dalam memilih, pastikan semua fitur yang ada berjalan normal sesuai kebutuhan kita (sebagai warga Indonesia) dan kondisi fisik dari iPhone itu sendiri. Hal-hal yang perlu kalian cek ketika ingin membeli iPhone bekas / garansi distributor adalah :

  1. Bezel ada dent yang parah atau tidak?
  2. Touchscreen / LCD berfungsi normal apa tidak?
  3. Apakah ada dead-pixel di LCD?
  4. Pastikan home-button berfungsi dengan normal.
  5. Pastikan tombol Silent dan Volume Up Down juga masih berfungsi normal.
  6. Pastikan tombol On/Off juga masih berfungsi normal.
  7. Uji coba daya tahan baterai, drop (cepat habis atau tiba-tiba langsung habis) atau masih normal.
  8. Cek apakah pernah terendam air atau belum, bisa dicek lewat indikator yang ada di dalam lubang SIM Card. Jika ada tanda merah berarti sudah pernah terendam air.
  9. Lihat seri iPhone itu sendiri (keluaran dari negara mana).
  10. IMEI iPhone cocok atau tidak dengan yang ada di Box / Dus.
  11. Aksesoris seperti earpod/earphone, kabel data dan kepala charger pastikan semua masih berfungsi normal.

Itu tadi poin-poin yang perlu diperhatikan, untuk masalah apakah aksesorisnya asli atau KW, apakah Layar LCD, Baterai dan lain-lain masih asli atau sudah pernah diganti, itu sesuai selera saja. Karena yang perlu diingat adalah, jika iPhone yang akan kalian beli itu sudah versi lama misalkan iPhone 3, 3S, 4, 4S, dan iPhone 5, sudah wajar jika aksesorisnya jarang yang benar-benar masih asli keluaran Apple Inc.

Terkait dengan poin nomor 9, kenapa perlu mengecek iPhone tersebut keluaran negara mana? Karena di beberapa negara seperti Jepang, Korea dan Arab punya karakter sendiri disebabkan aturan dari negara tersebut, yang tentu berbeda dengan aturan / kebutuhan di Indonesia.

Lalu bagaimana cara kita tahu bahwa iPhone tersebut dari negara mana? Cukup mudah, silahkan masuk ke Settings > General > About > Model. Silahkan cocokkan huruf terakhir dari kode yang ada dengan daftar Model iPhone yang ada disini.

Kekurangan iPhone Jepang (J)

iPhone Jepang punya perbedaan (dikarenakan aturan dari Negara) yang menurut orang Indonesia pasti dianggap sebagai kekurangan, yaitu :

  1. Suara jepret kamera tidak bisa di-silent / dimatikan ketika akan memotret / memfoto menggunakan aplikasi kamera resmi yang ada di iPhone.
  2. Tidak ada fasilitas Personal Hotspot, maka kalian yang ingin tethering memakai iPhone kalian sudah pasti tidak bisa.

Kekurangan iPhone Korea (KH)

Kekurangan iPhone keluaran Negara Korea adalah :

  1. Sama seperti iPhone Jepang bahwa suara jepret kamera tidak bisa di-silent / dimatikan ketika akan memotret / memfoto menggunakan aplikasi kamera resmi yang ada di iPhone.
  2. Fitur Find My Friends tidak bisa dipakai.

Kekurangan iPhone Arab (AB)

Kekurangan iPhone keluaran Negara Arab adalah :

  1. Fasilitas Facetime tidak bisa digunakan.

Semoga dengan kalian ketemu artikel ini bisa makin tahu dan bisa terhindar dari kekecewaan karena membeli iPhone yang “salah” (kurang tepat bagi kalian). Hati-hatilah ketika ingin membeli iPhone bekas atau iPhone garansi distributor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *