Solusi IndiHome USEETV Failed Authentication, Kesalahan Kode 1302

Setelah sekian lama akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan layanan internet dari Telkom Indonesia yaitu IndiHome. Sebelum menentukan memilih produk ini saya membandingkan antara MyRepublic dengan Telkom IndiHome, pilihan saya mengereucut pada dua provider ini karena segala kebutuhan saya sudah ada dengan perbandingan yang kompetitif dibanding provider lainnya, sayangnya jaringan MyRepublic belum masuk ke daerah tempat saya sekarang tinggal, jadilah Telkom IndoHome menjadi pilihan satu-satunya.

Pada tanggal 22 Desember 2018 saya menghubungi pihak Telkom Indihome Surabaya, besoknya pada 23 Desember 2018 dihubungi oleh Call Centre untuk verifikasi data melalui telepon. Lalu dijadwalkan keesokan harinya pada tanggal 24 Desember 2018 untuk dilakukan pemasangan.

Proses instalasi/pemasangan hingga koneksi internet dan useetv siap dipakai cukup cepat, butuh waktu sekitar 2 jam. Petugas pemasangan juga ramah dan kooperatif, saya sangat bersyukur bisa dibantu olehnya.

Hal yang ditakutkan oleh kebanyakan pelanggan/pemakai jasa adalah after-sales nya. Takut jika ada masalah pada alat atau produknya, tidak segera direspon oleh penyedia jasa/produk tersebut dan lain-lain. Syukur alhamdulillah saya dapat petugas yang ramah dan tetap kooperatif meski barang sudah terpasang, sebagai contoh setelah beberapa jam selesai pemasangan, fasilitas useetv milik saya mengalami gangguan yaitu ketika proses booting pertama kali, terhenti di progres 85% dengan status Failed Authentication, yang disusul dengan munculnya popup-box bertuliskan Kesalahan Kode : 1302.

Saya sudah mencoba melakukan langkah rekomendasi yang tertulis pada popup-box tersebut, namun masalah masih belum teratasi. Akhirnya saya coba menghubungi petugas instalasi tadi untuk menanyakan sebabnya dan solusinya. Informasi yang saya dapat terjadi perubahan konfigurasi pada router modem, dan saya dipandu dengan sangat detil untuk mengatasi permasalahan tersebut hingga akhirnya fasilitas useetv saya kembali normal, berikut langkah-langkah yang saya dapatkan dan saya kerjakan hingga useetv milik saya bisa berjalan normal kembali:

  1. Masuk ke halaman Control Panel router Anda dengan kunjungi alamat http://192.168.100.1/ melalui browser (bisa dari Laptop, HP atau Tablet).
  2. Login menggunakan akun yang Anda miliki.
  3. Masuk ke menu LAN.
  4. Centang pada pilihan LAN1 dan LAN4, kemudian klik tombol Apply.
  5. Setelahnya, masuk ke menu WAN.
  6. Tambahkan konfigurasi baru dengan klik tombol Add, lalu masukkan konfiguras sesuai gambar dibawah ini.
  7. Setelah selesai klik tombol Apply.
  8. Pilih menu Network Configuration – IGMP Configuration.
  9. Pada bagian kanan ada pilihan Enable IGMP, pilih Yes, kemudian tekan tombol Apply.
  10. Kemudian langkah terakhir masuk menu System Tools – Configuration File – Save and Restart.

Selesainya melakukan langkah diatas, useetv milik saya berjalan normal kembali. Jika Anda mengalami hal yang sama, semoga solusi diatas bisa membantu menyelesaikan masalah yang sedang Anda alami. Tapi jika masih bermasalah, saya sarankan untuk menghubungi pihak IndiHome langsung.

Leave a Reply