Software ( Perangkat Lunak )

Software ( Perangkat Lunak, Piranti Lunak ) adalah program komputer yang berfungsi sebagai sebagai sarana interaksi antara pengguna ( User / Brainware ) dan perangkat keras ( Hardware ). Perangkat Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah – perintah yang dijalankan pengguna komputer kemudian diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan :

  1. Tingkatan Program Aplikasi ( Application Program misalnya Microsoft Office )
  2. Tingkatan Sistem Operasi (Operating System ( OS ) misalnya Microsoft Windows, Macintosh, Solaris, Linux dan sebagainya )
  3. Tingkatan Bahasa Pemrograman ( dibagi lagi atas Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi seperti Pascal, OOP dan Tingkat Rendah yaitu Bahasa Mesin / Assembly ).
Posisi Penggolongan

Posisi Penggolongan

Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras ( device driver ), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

1. Sistem Operasi

Bagian dari sofware komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas tertentu sesuai kebutuhan pengguna.

Macam - Macam Sistem Operasi

Macam - Macam Sistem Operasi

  • Jenis – jenis Sistem Operasi
    1. Microsoft Windows ( v 1.x – v 3.x, Win 95, 98, ME, XP dan sebagainya )
    2. Unix ( BSD, MacOS/x )
    3. Mac Os

2. Program Aplikasi

Bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna).

  • Jenis – jenis Aplikasi Komputer
    1. Aplikasi Perkantoran
    2. Aplikasi Grafis
    3. Aplikasi Kemanan Komputer dan sebagainya

3. Bahasa Pemrograman

Adalah bahasa yang digunakan untuk menulis untuk menulis program komputer, dimana dapat menginstruksikan komputer agar melakukan suatu pekerjaan seperti komputasi dan mengorganisasikan aliran kontrol antar perangkat yang ada. Tujuannya untuk komunikasi antara manusia dengan komputer.

  • Macam – macam bahasa pemrograman
    1. Tingkat Tinggi
      • Pascal
      • C, C++
      • Fortran, etc
    2. Tingkat Rendah
      • Bahasa Mesin , Assembly
    3. OOP
      • Java dll.

Leave a Reply