Atasi Masalah Loading Lama Kirim Email Menggunakan SENDMAIL


Kirim Email PHP

Tempo hari saya ada tugas untuk setting mail service di satu server milik teman, kebetulan dia pakai OS Ubuntu yang belum bisa digunakan untuk mengirim email dari servernya.

Dia sudah membuat sebuah aplikasi berbasis PHP untuk mengirim email broadcast ke seluruh pelanggan di aplikasinya, namun masih gagal. Setelah saya bantu cek ternyata memang service untuk mail di Ubuntu miliknya belum pernah diinstall & konfigurasi.

Kemudian saya coba install modul sendmail terlebih dahulu di Server Ubuntu miliknya melalui terminal / command line menggunakan perintah ini :

apt-get install sendmail

Setelah itu tunggu hingga proses download dan install selesai, langkah selanjutnya adalah lakukan konfigurasi pada modul sendmail yang sudah terinstall menggunakan perintah ini :

sendmailconfig

Silahkan sesuaikan konfigurasi dengan kebutuhan, kemudian langkah terakhir tinggal restart webservernya, kebetulan webserver yang sudah ada di Server Ubuntu milikny adalah Apache. Jadi saya restart menggunakan perintah ini :

service apache2 restart

Instalasi dan konfigurasi sendmail sudah berhasil, tinggal uji coba. Setelah saya coba sendiri mengirim email dari server tadi menggunakan program sederhana karena hanya untuk uji coba apakah sudah berhasil bisa kirim email atau belum, memang sudah berhasil namun waktu loading-nya cukup lama menurut saya, saya rasa ini tidak wajar untuk sekedar mengirim email sederhana butuh waktu loading halaman web sekitar 10 detik. Setelah melakukan beberapa percobaan, masalah loading lama ketika mengirim email menggunakan sendmail di Server Ubuntu milik teman saya tadi adalah dengan cara, merubah konfigurasi hostname pada file /etc/hosts. Konfigurasi yang saya pakai contohnya seperti dibawah ini :

127.0.0.1 localhost.localdomain localhost hostname_kamu

Silahkan tambahkan 1 baris kode konfigurasi diatas di dalam file /etc/hosts kalian (jika memakai server Linux), dengan mengganti kata hostname_kamu menggunakan hostname milik kamu sendiri. Bagaiman cara tahu hostname kamu sendiri? Caranya cukup ketik hostname pada terminal lalu enter.

Setelah melakukan konfigurasi ulang pada file /etc/hosts tadi, dan uji coba ulang kirim email hasilnya sangat memuaskan, cukup kedip sekali email sudah terkirim :).

NB : Jika diperlukan silahkan restart service sendmail menggunakan perintah :

service sendmail restart

Advertisements

Mari Berdiskusi Bersama

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s