Uninstall ForeScout Diminta Masukkan Password?

Ternyata untuk uninstall ForeScout Secure Connector bisa membuat gemes, karena jika ForeScout ini sudah disetting sebelumnya oleh Network Administrator dengan menanamkan password ke dalam installer ForeScout yang diberikan kepada kita, dan suatu saat ketika tidak butuh lagi adanya ForeScout di Laptop/PC dan ingin meng-uninstall aplikasi ini pasti akan diminta untuk memasukkan password, padahal ketika meng-install kita tidak diminta memasukkan password sama sekali.

Dan tidak cukup itu, di window Uninstall (Programs and Features) yang ada di Windows jika diperhatikan tidak ada ForeScout disana. Lalu bagaimana caranya uninstall ForeScout tanpa harus memasukkan password? Yap, kalian datang di artikel yang tepat, ikuti langkah berikut (saya sudah uji di Windows 10) :

  1. Masuk ke folder Program Files (biasanya di C:/Program Files), atau ke folder dimana kalian install ForeScout.
  2. Disana terlihat ada beberapa file, dan salah satunya adalah file yang dipakai untuk menyimpan password yang dibutuhkan ketika ingin uninstall ForeScout ini, nama filenya securepassword.ini.
  3. Buka file tersebut (menggunakan Notepad yang Run As Administrator), jika di dalamnya tertera teks semacam ini :
    password=9876xxnmnxggga667
    Maka silahkan rubah menjadi seperti ini
    password=
  4. Kemudian simpan, lalu klik dua kali Uninstall.
  5. BOOM! Uninstall ForeScout bisa tanpa password 🙂

Semoga bermanfaat.

 

ALASAN UNINSTALL

Kenapa sih perlu uninstall ForeScout ini? Kalo kasus yang saya alami, ketika browsing dengan koneksi sendiri terlihat di status browser “Connecting…” berkali-kali, baru mau buka website yang kita tuju jika refresh 2-3 kali, setelah ForeScout ini saya uninstall, masalah itu terselesaikan :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *