Cara Membedakan EarPod iPhone Original Atau KW/OEM Akurat 100%

Peminat EarPod atau earphone Apple iPhone hingga saat ini masih sangat banyak, entah itu EarPod yang model jack 3.5mm atau model lightning. Harga earpod Apple iPhone orisinil yang cukup mahal, membuat tidak sedikit orang untuk berusaha mencari barang tersebut dengan harga semurah mungkin. Entah itu dengan cara membeli bekas, earpod copotan iPhone atau hingga terbujuk dengan kalimat “Jual EarPod iPhone Original 100%” yang mana kebanyakan diantaranya adalah KW atau OEM, bukan benar-benar orisinil diproduksi oleh Apple Inc.

Menurut pengalaman saya, EarPod Apple iPhone dengan kondisi baru harganya sudah jelas diatas 500 ribu. Jika dibawah itu sudah pasti KW atau OEM. Jadi jangan susah payah mengahbiskan waktu untuk mencari pembenaran bahwa ada kok EarPod atau earphone Apple iPhone dibawah harga 500 ribu dengan kondisi baru. Jangan juga termakan rayuan marketing penjual EarPod harga murah yang mengaku original 100%.

Perlu diperhatikan juga bagi kalian yang akan membeli iPhone bekas, jika dalam kardus disertakan lengkap dengan EarPod atau earphone kemudian ketika kalian lihat kondisinya yang masih putih mulus. Sudah bisa dipastikan 95% bahwa earpod tersebut adalah KW atau mungkin OEM. Karena hampir tidak ada penjual iPhone bekas yang rela membeli EarPod asli Apple Inc. ketika akan menjual iPhone mereka. Dan jika penjual mengatakan bahwa “earpod tersebut masih mulus karena belum pernah dipakai”, jangan langsung percaya.

Untuk membedakan EarPod atau earphone Apple iPhone dengan melihat kondisi fisik, menurut saya lumayan susah untuk saat ini karena produsen sudah mampu membuat tiruannya dengan sangat baik. Karena itu menurut saya cara paling ampuh / akurat 100% untuk membedakan apakah sebuah EarPod Apple iPhone tersebut 100% Original produksi dari Apple Inc. atau OEM bahkan kualitas KW, gunakan bantuan aplikasi Health dari Apple.

Ikuti langkah berikut untuk mengetahui apakah EarPod iPhone yang kalian miliki 100% Original:

  1. Tancapkan EarPod atau earphone Apple ke iPhone kalian.
  2. Dengarkan musik kurang lebih 10 detik.
  3. Cabut EarPod atau earphone Apple kalian.
  4. Setelah itu buka Aplikasi Health, pilih menu Browse dan pilih Hearing.
  5. Pilih menu Data Sources & Access.
  6. Pada bagian Data Sources, pilih iPhone kalian.
  7. Kemudian pilih rekaman data pendengaran terakhir (paling atas).
  8. Kemudian akan muncul tampilan baru, fokus lihat pada bagian Device Details.
    Jika disana tertulis Device Name : EarPod, dan Manufacture : Apple Inc. Maka EarPod kalian Original 100% produksi Apple Inc. Selain itu maka bisa dipastikan bahwa EarPod kalian bukan produksi Apple Inc. atau bisa kita sebut EarPod kualitas KW atau OEM.

Untuk lebih jelasnya mengenai panduan diatas, bisa juga kalian lihat pada gambar dibawah ini. Pada gambar paling terakhir disana tertera Device Details : Wired. Itulah EarPod KW atau OEM bukan yang Original Apple.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian.

Leave a Reply